CARA MELAKUKAN SAMBUNG PUCUK PADA TANAMAN BOUGENVILE (BUNGA KERTAS)


Sambung pucuk/okulasi pada tanaman bougenvile dilakukan untuk mendapatkan tanaman bougenvile yang unik dan indah. Kita dapat membuat variasi jenis bunga dan daun dalam satu pohon. Tentu saja perlu imajinasi tersendiri dalam menentukan warna bunga maupun daun yang akan dikombinasikan, namun untuk melakukan sambungannya sendiri tidak sesulit yang dibayangkan. Berikut langkah yang dilakukan ketika melakukan sambung pucuk pada bougenvile:

  1. Siapkan tanaman bougenvile yang akan disambungkan. Pilih cabang yang masih muda untuk disambung dan potong pada bagian yang akan kita beri sambungan.
  2. Siapkan cabang sambungan dari tanaman bougenvile lainnya. Pilih juga cabang yang masih muda dan berdiameter sama dengan cabang yang akan disambung tadi. potong setiap daun yang ada dan sisakan pada bagian pucuk
  3. Pada cabang bougenvile yang akan disambung iris secara vertikal. dan pada cabang sambungan iris pada sisi kedua samping.
  4. Selipkan sambungan pada cabang yang akan disambung dan ikat sambungan menggunakan tali rafia. jangan terlalu ketat karena batang yang kita pilih masih muda untuk menghindari kerusakan pada sambungan.
  5. Tutup sambungan dengan plastik bening dan ketakkan pada tempat yang teduh untuk menjaga kelembaban dan menghindari penguapan yang berlebihan.
  6. satu bulan kemudian sambungan telah menyatu.

No comments: