CARA MENYAMBUNG TANAMAN KAKTUS

Kaktus sambungan ternyata bisa 3 – 4 kali lebih cepat pertumbuhannya. Selain itu kaktus yang disambung tampak unik dan lebih indah. Agar penyambungan itu berhasil, sebaiknya anda tahu langkah-langkahnya. Dengan menyambungnya, pertumbuhan kaktus jadi lebih pesat. Bayangkan, untuk mendapatkan kaktus yang batangnya sebesar bola pingpong, hanya dibutuhkan waktu 8–12 bulan saja. Padahal, kalau kaktus itu ditanam langsung ke media, kita harus menunggunya 3–4 tahun agar besar batangnya sama.

Meski menyambung kaktus bukan merupakan hal baru, ternyata masih banyak orang yang gagal melakukannya. Padahal caranya sederhana. Yang penting, teliti. Berikut ini cara penyambungan kaktus yang bisa dilakukan Rizal Djafaarer, seorang petani kaktus di daerah Lembang, Bandung.
Bahan dan alatnya sederhana
Bahan yang mesti dipersiapkan adalah calon batang atas dan bawah. Batang bawah mesti berasal dari tanaman yang sehat, tahan terhadap pembusukan, dan perakarannya banyak. Yang umum digunakan adalah Cereus spachianus dan C. peruvianus. Sedangkan batang atas dipilih dari jenis kaktus yang kita inginkan, tentunya yang indah. Salah satu faktor penentu keberhasilan penyambungan yaitu ukuran batang atasnya sudah sebesar kelerang.
Peralatan yang diperlukan untuk melakukan penyambungan pun sederhana saja. Pisau atau silet untuk mengiris batang atas dan bawah. Kuas untuk membersihkan kotoran pada batang kaktus yang akan disambung. Pinset untuk meletakkan batang atas pada batang bawah. Karet gelang untuk mengikat sambungan. Sarung tangan untuk melindungi tangan dari duri-duri kaktus yang tajam. Selain itu diperlukan juga alkohol 7- %. Gunanya untuk mensterilkan pisau.
Cara menyambung
Penyambungan yang dilakukan Rizal ialah penyambungan mendatar. Batang atas yang akan disambung berasal dari kaktus semaian.
Penyambungan dilakukan di tempat teduh. Pertama-tama, diambil batang bawah kaktus yang telah dipotkan. Setelah kotorannya dibersihkan, bagian atas batang bawah disayat mendatar. Agar permukaannya menjadi lebih sempit, bagian sisinya disayat miring 45 derajat. Dengan begitu, calon batang atas dan batang bawah akan berukuran sama. Panjang batang atas kira-kira 10 cm, sedangkan besarnya paling kecil seukuran kelereng.
Selanjutnya, pangkal batang atasnya disayat mendatar, sedikit di atas perakarannya, sehingga kambiumnya terlihat. Batang ini lalu segera ditempelkan ke batang bawah yang telah siap tadi, sehingga kedua kambiumnya menempel. Karena itulah pekerjaan ini mesti dilakukan segera sebelum kambiumnya mengering. Agar kambium kedua batang itu terpaut erat, kaktus diikat dengan potnya, dengan karet gelang. Sebelum kaktus sambungan itu disimpan di kolong rak yang agak gelap, medianya disiram. Kira-kira empat hari kemudian, karet pengikat sudah boleh dilepas.
Tanda-tanda keberhasilan
Sekitar 2 minggu sejak disambung, keberhasilan penyambungan sudah bisa diketahui. Sambungan yang berhasil batang atasnya akan tetap sehat, segar, dan mulai tumbuh. Kalau gagal, biasanya batangnya layu dan batang atas menyusut. Sambungan pun tidak menyatu, dan batang bawahnya ditumbuhi tunas. Selanjutnya, kaktus itu diletakkan di tempat yang cukup mendapat cahaya matahari, agar pertumbuhannya bagus.

Sumber: Kebunbibit.id

No comments: